175 Guru SD Ikut Pelatihan Google For Education, Micler Ingatkan Peserta Kuasai Teknolongi

175 Guru SD Ikut Pelatihan Google for Education, Miclar Ingatkan Peserta Kuasai Teknologi.

MANADO,PROSULUT.Com – Sekretaris Daerah Kota (Setdakot)  Manado Dr Micler Lakat SH MH, membuka pelatihan sertifikasi level I google for education dalam pengembangan karir Pendidik Tenaga Kependidikan (PTK)  jenjang Sekolah Dasar (SD) Tahun 2023, yang dilangsungkan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Pineleng Minahasa Sulawesi Utara (Sulut), Kamis (16/03/2023).

Kegiatan yang berlangsung di Ruangan Auditorium Sam Ratulangi tersebut, dihari pertama   diikuti 175 guru di lingkup SD  Kota Manado, 45 diantaranya dinyatakan tidak lolos. Dengan begitu untuk pelatihan dihari kedua hanya diikuti 130 peserta.

Kepala bidang (Kabid) Pembina SD Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado, Triana Almas SSTP MSi, dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memampukan guru menggunakan dan memanfaatkan akun belajar serta memandirikan guru menggunakan fitur – fitur dalam google yang disediakan secara gratis oleh kementerian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbud dan Ristek).

“Sasaran utama dari kegiatan ini adalah menghasilkan guru yang mempunyai kemampuan dalam mentransformasi pembelajaran dan digital. Selanjutnya para guru yang mengikuti kegiatan ini akan melakukan kedinasan di satuan masing masing,” jelas Triana.

Kepala BPMP Sulut Febry H J Dien ST M.Inf mengatakan kalau pelatihan seperti itu merupakan kesempatan baik, karena merupakan level internasional.

“Para guru yang mengikuti kegiatan ini akan berkiprah secara internasional. Kalau sudah mengikuti hingga level tiga, (bapak ibu-red) akan menjadi pembicara di seluruh dunia khususnya di dunia pendidikan,” kata Febry.

Febry juga menambahkan, BPMP Sulut yang merupakan perpanjangan dari Kemendikbud dan Ristek, telah berkomitmen dan terus menopang pendidikan di Kota Manado.

Lebih jauh Febry menambahkan kalau pelatihan tersebut merupkan kesempatan untuk terus belajar. Menurut dia, dengan terus belajar proses belajar – mengajar di Kota Manado akan semakin baik seiring dengan majunya teknologi.

Sementara Miclar dalam sambutannya mengingatkan para peserta tidak buta teknologi. Menurut dia teknologi tak bisa lagi dihindari karena merupakan permintaan zaman.

Pada kesempatan itu, Miclar mencontohkan beberapa keunggulan kecanggihan digital yang tidak mungkin terkejar oleh teknologi manual.  Dikatakannya, teknologi digital identik dengan era moderen karena dapat memberikan dan menerima informasi secara cepat dan tepat.

“Saya berharap setiap peserta berhasil menguasai teknologi, saya yakin peserta yang mengikuti pelatihan ini akan menjadi yang terbaik. Namun tidak semuanya terjadi semudah membalikkan telapak tangan. Tapi apa pun kendalanya, teruslah kita berupaya hingga pada tahap perubahan,” ujar Miclar.

Hadir pada kegiatan itu, Kepala Dinas (Kadis) Disdikbud Kota Manado, Steven Tumiwa M.Pd, narasumber dan fasilitator Perwakilan Google, Surya,serta pemimpin teras Disdikbud Kota Manado.(*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *