268 Siswa Kelas 9 SMPN 5 Manado Ikut UAS, Satu Siswa Tidak Ikut

268 Siswa Kelas 9 SMPN 5 Ikut UAS, Satu Tidak Ikut

MANADO, PROSULUT.COM-  Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Manado menggelar ujian akhir sekolah (UAS) dihari pertama dengan tertib dan lancar.

Kepala Sekolah SMPN 5 Manado, Linda Felma Kumajas nampak sibuk memantau seluruh kelas yang sedang ujian. Ia pun memberikan semangat dan motivasi kepada para siswa agar mereka bisa mengisi semua soal  dengan baik dan mendapatkan nilai terbaik pula.

“Saya harus memantau pelaksanaan UAS untuk memastikan semua berjalan lancar dan tidak ada kendala berarti,” kata Kumajas ketika ditemui wartawan di sela-sela pemantauan di masing masing kelas.

Dikatakan,  bagi siswa yang tidak membawa handphone atau tidak memiliki data, pihak sekolah menyediakan ruangan khusus untuk menggunakan computer. Makanya ada dua Wifi yang dipasang di SMPN 5 Manado untuk memudahkan anak didik mengerjakan kertas ujian.

“Sekarang UAS tidak dilaksanakan oleh sekolah dan pengawas berasal dari internal. Hanya saja guru matematika misalnya tidak boleh mengawas saat mata pelajaran matematika, begitu juga sebaliknya,” ungkapnya meyakinkan.

Kumajas memaparkan, siswa SMPN 5 Manado yang terdaftar sebagai peserta ujian sebanyak 269 orang. Namun yang mengikuti UAS hanya 268 siwa karena satu orang siswi sudah menikah sebelum ujian dilaksanakan. “Kami tidak bisa berbuat apa apa,” tukas Kumajas.

Lebih jauh dijelaskan, UAS kali ini dilaksanakan oleh sekolah, tidak lagi dari pusat. “Sekolah diberikan kepercayaan untuk menggelar UAS. Dan untuk soal soal dibuat oleh sekolah karena mereka yang tahu kemampuan anak didik, namun kualitas lulusan diutamakan,” ungkap Kumajas yang punya pekerjaan rumah segudang untuk melakukan pembenahan menyeluruh. (Meldi )

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *