444 Siswa SMKN 1 Manado Ikut UKK, 63 Siswa UPW Dipandu API

444 Siswa SMK I Manado Ikut UKK, 63 Siswa UPW Dipandu API

MANADO,PROSULUT.com – Sebanyak 444 siswa kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Manado, mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK), Senin (03/04/2023) hingga Sabtu (19/03/2023).

Sementara 63 siswa jurusan perjalanan wisata ikut dalam ujian praktek yang dipandu Asosiasi Pramuwisata Indonesia (API) Manado, Senin (03/04/2023) dan Selasa (04/04/2023).

Kepsek SMKN 1 Manado Brusly P. Polakitan, M.Pd saat menerima bahan/peralatan praktek.

Ujian yang diikuti 152 laki – laki dan 292 perempuan itu terbagi dalam enam jurusan, masing – masing, teknik komputer dan jaringan, bisnis daring dan pemasaran, otomatisasi dan tata kelola perkantoran, akuntasi dan keuangan lembaga, usaha perjalanan wisata serta perhotelan.

Pelaksana tugas (Plt) kepala sekolah (Kepsek) SMK I Manado, Brusly P Polakitan Skom MPd mengatakan, salah satu tujuan dilaksanakannya UKK untuk menghasilkan lulusan berkompeten hingga mampu berkompetisi mengembangkan ilmu yang diperoleh semasa sekolah.

Dikatakan Brusly, UKK merupakan program pemerintah untuk mengevaluasi kembali ilmu pengetahun yang diperoleh siswa selama menjalani proses belajar – mengajar, baik kulikuler maupun ekstra kurikuler.

“Sekolah terus berusaha untuk menghasilkan lulusan terbaik. Tujuan utama kami para guru, bagaimana para siswa bisa mengimplementasikan ilmu yang didapat di bangku sekolah, tidak hanya terhadap lingkungan sekitar tapi juga di lingkup tempat mereka bekerja nanti,” jelas Brusly.

Brusly menambahkan kalau para siswa peserta UKK sebelumnya telah mengikuti pembekalan dengan tujuan agar siswa tidak canggung atau kaku saat disuruh melakukan peragaan. (JETI)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *