55 Peserta US SDN 36 Manado Adu Kemampuan, Pengetahuan, Karakter dan Ketrampilan Syarat Kelulusan  

Kepala SDN 36 Manado, Martha Torar menyerahkan naska sebelum ujian dimulai.

MANADO, PROSULUT.Com – Kepsek SDN 36 Manado Martha Torar baru saja menjabat beberapa hari sebelum ujian sekolah berlangsung. Namun pelaksanaan ujian bagi siswa kelas 6 berjalan aman dan lancar dengan mengacu pada regulasi yang ada.

“Ada 55 peserta ujian di SDN 36 Manado, terdiri dari 29 laki laki dan 26 wanita. Mereka dibagi dalam tiga kelas/rombel karena mengacu pada ketentuan ujian nasional,” kata Torar.

Mantan Kepsek SD Inpres Winangun ini memaparkan, ujian disusun oleh pihak sekolah dengan mengacu pada standar ujian nasional. Sementara penentuan kelulusan siswa diberikan kewenangan kepada pihak sekolah sesuai dengan implementasi merdeka belajar.

Dengan demikian, sekolah diberikan kebebasan untuk berkreasi dan berinovasi untuk menciptakan lulusan yang berkualitas, berkarakter dan punya ketranpilan yang dapat diandalkan.

Meski demikian, penentuan kelulusan diputuskan dalam sidang dewan guru dengan memperhatikan tiga hal penting, yaitu kemampuan pengetahuan, memiliki sikap/karakjter yang baik serta memiliki ketrampilan.

“Makanya selain ujian tulis, peserta ujian akan lanjut dengan praktek untuk menguji ketrampilan yang dimiliki,” kata Torar.

Dikatakan, pihaknya belum banyak melakukan perubahan karena masih focus pada ujian sekolah dilanjutkan dengan ujian praktek. “Nanti setelah ujian kami akan kumpulkan orangtua untuk minta masukan guna mengembangkan satuan pendidikan  khususnya SDN 36 Manado,” ungkap Torar bersemangat. (meldi s)    

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *