57 Siswa SDN 30 Manado Siap Ikut Ujian Akhir, Lapangan Bola Voli Bantuan Dispora Mulai Digunakan

Kepsek SDN 30 Manado, Hasnah Saragih.

MANADO, PROSULUT.com- Pelaksanaan ujian akhir tingkat sekolah dasar (SD) se Kota Manado bakal bergulir Senin 8 hingga 12 Mei 2023. Masing masing satuan pendidikan mempersiapkan anak didiknya untuk mengikuti ujian akhir.

Hanya saja  ujian kali ini berbeda dengan tahun tahun sebelumnya dimana ujian nasional dilaksanakan serentak dengan soal ujian disusun pihak Kementrian. Namun dalam Implementasi Kurikulum Merdeka saat ini, kewenangan melaksanakan ujian akhir berada di masing masing satuan pendidikan.

“Ini ujian nasional tetapi kewenangan untuk membuat soal ujian dan kelulusan berada di tangan sekolah masing-masing,” kata Kepsek SDN 30 Manado, Hasnah Saragih kepada tim APPM Kamis 4 Mei 2023.

Dikatakan, ada 57 siswa  SDN 30 Manado akan mengikuti ujian akhir. Nantinya merejka akan dibagi dalam tiga ruang kelas dan pengawasan dilakukan oleh guru guru secara silang.

Ujian akhir dilakukan tertulis dan soal sudah dibuat dan telah diperbanyak. Tinggal menunggu waktu pelaksanaannya saja. “Kami sudah siap, anak didik telah dibekali dengan pengayaan khusus mata pelajaran yang belum begitu paham. Bahkan kami sudah melakukan rapat dengan orang tua murid melalui Komite Sekolah untuk kelancaran ujian akhir,” ungkap Saragih.

Kepsek energik dan penuh kreasi ini menambahkan, pertemuan dengan orang tua juga membahas tentang kelulusan. “Tetapi soal itu kami tidak ikut campur. Kalau orang tua mau bikin acara kelulusan silahkan dan kami guru guru hanya diundang saja,” kata Saragih.

Menurutnya, pihak orang tua memang menginginkan anak mereka bisa lulus dengan baik dan untuk acara kelulusan akan diatur langsung oleh Komite. “Sekali lagi itu meniadi urusan komite sekolah,”tukasnya.

LAPANGAN VOLI

SDN 30 Manado merupakan satu satunya SD di Kota Manado yang tahun 2023 ini mendapat bantuan hibah dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado berupa satu unit lapangan bola voli.

Bahkan pekerjannya sudah rampung dan tekah diserahkan oleh pihak Dispora Manado kepada SDN 30 Manado untuk digunakan. “Mereka sudah serahkan secara resmi bersama net,” kata Saragih bersemangat.

Pantauan tim APPM, anak anak SDN 30 Manado nampak begitu gembira karena mereka memiliki lapangan olahraga yang representative. Bahkan lapangan tersebut bisa juga digunakan untuk bulu tangkis.

Nampak anak anak asyik bermain bulu tangkis dengan menggunakan raket masing masing.  “Kami memang menyuruh anak anak bawa raket agar mereka bisa bermain di lapangan yang baru,” ujar Saragih. (meldi S)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *