Bangkitkan Semangat Patriotisme, SDN 49 Manado Gelar Berbagai Lomba

MANADO, PROSULUT.Com. – SDN 49 Manado tak ketinggal meramaikan HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 dengan menggelar berbagai lomba.
Kepala SDN.49 Manado, Meity Piri, S.Pd. M.Pd ketika ditemui di kantornya Rabu mengatakan, kegiatan lomba dalam rangka HUT Kemerdekaan RI ke 78 tidaklah muluk muluk. Yang penting adalah meramaikan HUT Kemerdekaan untuk membangkitkan semangat perjuangan anak didik dalam rangka mengisi kemerdekaan yang telah direbut para pahlawan dengan susah payah.
Menurut Piri, kegiatan lomba untuk membakar semangat patriotik anak didik sekaligus mengingatkan tentang perjuangan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan.
Untuk itu berbagai lomba akan digelar antara lain paduan suara atau koor antar kelas, bintang vokalia, olahraga, makan kerupuk, lari kelereng untuk anak kelas 1. 2 dan 3.
Sedangkan peserta didik kelas 4, 5 dan 6 lomba lari karung.
Selain itu kata Piri, akan digelar juga lomba fashion show berupa seragam sekolah dan pakai santai.
“Kami mengelar lomba yang bisa dijangkau. Kalau lomba busana seragam dan pakain santai semua siswa pasti ada, beda kalau baju adat agak repot untuk mempersiapkannya,” ujar mantan Kepsek SDN 12 ini memberi alasan.
Lebih jauh dijelaskan, SDN 49 Manado juga akan menggelar lomba keindahan dan kerapihan serta kebersihan ruangan kelas benuansa HUT Kemerdekaan RI mulai dari kelas 1 hinga kelas 6.
Dikatakan, pihak sekolah memberikan stimulus dana Bos bagi setiap kelas untuk berbenah. Jika ada orang tua siswa yang tergerak untuk ikut meramaikan lomba keindahan ruang kelas tidak masalah.
Yang pasti pihak sekolah tidak melakukan pungutan dalam rangka kegiatan HUT RI tahun ini.
“SDN 49 Manado bebas pungutan. Tidak ada yang namanya panguyuban, di masing masing kelas,” kata Piri dengan nada serius.
Pantauan tim APPM Manado, SDN 49 Manado terus berbenah dalam fangka HUT Kemwrdekaan.
Lingkungan sekolah tertata drngan rapih dan indah dipandang. Pagar bagian depan sudah dicat dengan warna merah kombinasi warna putih sehingga menambah semarak suasana menyamvut HUT Kemwrdekaan RI ke 78 tahun 2023 ini.
Begitu juga dengan tembok gedung sekolah sudah dicat dengan warna cerah sehingga lingkungan sekolah menjadi lebih hidup dan meriah.
Sejumlah bendera dan umbul umbul terpasang berjejer di bagian depan dan halaman sekolah pertanda SDN 49 siap menyambut dan memeriahkan HUT Kemerdekaan.
Piri mengatakan, pembenahan terua dilakukan guna menciptakan rada nyaman dan aman. Anak didik menjadi betah berada di lingkungan sekolah.
Anak anak nampak begitu semangat mengadakan katihan upacara bendera.
Terkait pelaksanaan Asesement Nasilnal Berbasis Komputer (ANBK) tahun 2023, Piri mengatakan SDN 49 sudah mempersiapkannya.
Hanya saja SDN 49 Manado masih harus bergabung dengan SDN 12 Manado karena keterbatasan komputer.
Menurut Piri, soal internet tersedia bahkan punya dua Wiffi. “Alat penunjang saja yang tidak cukup semebtara pesertanya ada 35 siswa ditambah cadangan.
Dijelaskan, siswa.kelas 5 yang wajib ikut ANBK ada tiga Rombel. Hanya tidak semua dikutkan karena peserta akan diacak oleh pihak Kementrian.
“ANBK bukan penentuan kelulusan tetapi srbagai alat ukur literasi membaca dan rumerasi. Bahkan kinerja kepala sekolah dan para guru ikut dievaluasi ” kata Piri seraya menambahkan, ANBK akan menentukan Rapor Pendidikan masing masing satuan pendidikan. (Meldi s)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *