Bantuan Rehabilitasi Sekolah Mulai Dikerjakan

PROSULUT.COM, MANADO – Bantuan pemerintah pusat yang dialokasi melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) tahun anggaran 2023 ke sekolah – sekolah negeri di Kota Manado, mulai terlihat pengerjaannya.

Salah satunya di Sekolah Dasar (SD) Negeri 16 yang dijatahi rehabilitasi atap mulai dikerjakan. Diperolah informasi, pengerjaan tersebut telah berjalan sekira dua pekan.

Kepala SDN  16 Venni Sandra Assa, saat disambangi Prosulut.com, Rabu (08/11/2023), mengatakan kalau renovasi atap lantaran kondisinya telah membahayakan bagi keselamatan siswa, guru dan tamu yang berkunjung ke sekolah tersebut.

“Jauh sebelumnya kami telah menyampaikan kondisi sekolah ke dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado. Saya dan guru – guru berterima kasih kepada pemerintah pusat dan daerah yang sudah memperhatikan keluhan kami,” ujar Venni.

Dia mengatakan, dengan perbaikan atap tersebut proses belajar – mengajar di sekolah yang dipimpinnya dapat berlangsung maksimal tanpa kuatir lagi dengan kondisi sebelumnya.

Sementara pantauan Prosulut.com, di SD 55, 56 dan 75 ternyata belum menerima bantuan, baik berupa renovasi maupun meja dan kursi belajar siswa. Padahal bantuan tersebut sangat dibutuhkan mengingat jumlah meja dan kursi tidak lagi memadai jika dibanding dengan jumlah siswa. Selain itu ditemukan juga kursi dan meja siswa yang kondisinya tak layak digunakan.

Saat dikonfirmasi, ketiga kepala sekolah berharap bantuan tersebut dapat disalurkan. Ketiganya mengatakan, perbaikan fisik dapat dianggarkan melalui dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS), namun jumlahnya terbatas lantaran harus dialokasikan lagi ke sektor lain.

Meski begitu ketiga kepala sekolah ini optimis kalau bantuan tersebut akan tersalurkan ke sekolah mereka. Mereka yakin, pemerintah akan bersikap adil apalagi dengan melihat kondisi fisik sekolah. (jeting)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *