Dampak Erupsi Gunung Ruang, Rutan Manado Bagi Masker dan Bersihkan Abu


PROSULUT.COM, MANADO-Sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan Warga Binaan, Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado membagikan masker. Pembagian masker ini dilaksanakan di Aula Rutan oleh Petugas Medis Rutan Manado, Selasa (30/4).
Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Wahyono menuturkan, Rutan Manado begitu peduli akan kesehatan Warga Binaan disini. ‘’Oleh karena itu, kami melaksanakan pembagian masker sebagai bentuk tindakan pencegahan awal Penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), dampak Letusan Gunung Api Ruang di Tangulandang, Kabupaten Siau yang dampaknya abunya terasa hingga Rutan Manado,’’ ungkapnya.
Tidak hanya melaksanakan pembagian masker, petugas medis juga memberikan informasi sekaligus edukasi kepada Warga Binaan terkait dampak negatif bagi kesehatan, akibat polusi udara yang disebakan oleh letusan Gunung Api.
Sementara itu, sepanjang Rabu, sejumlah Warga Binaan mulai melakukan bersih-bersih lokasi yang penuh dengan abu akibat erupsi Gunung Ruang. Baik di Gereja Abigail, Masjid At-Taubah hingga Lapangan Rutan yang baru saja menjadi lokasi Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, juga mulai tampak bersih dari abu yang sebelumnya begitu mengganggu. ‘’Ini juga untuk mencegah penyakit bukan saja untuk Warga Binaan namun juga para petugas,’’ ungkap Wahyono.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *