Dihadiri Kabid SD, K3S Sosialisasi OSN Dengan Aplikasi ANBK

Ketua K3S Kota Manado Lexie Palohoen S.Pd.

PROSULUT,COM, MANADO – Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kota Manado melakukan sosialisasi pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) dengan aplikasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Jumat (17/05/2024).

Sosialisasi yang digelar di tempat berkumpul Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Manado, dihadiri Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar (SD), Christin Natalia Takalao M.Th, kepala sekolah, teknisi, prokor dan operator.

Ketua K3S Kota Manado, Lexie Palohoen S.Pd, mengatakan, meski OSN dengan aplikasi ANBK bukan merupakan hal baru, namun sosialisasi dinilai penting karena merupakan wadah untuk mendapatkan informasi sejauh mana kesiapan sekolah mengikuti ajang tahunan tersebut. 

“Sebelum resmi memulainya, kita akan melakukan uji coba. Tujuannya agar pada hari pelaksanaannya peserta didik tidak kesulitan menjawab pertanyaan,” ujar Lexie kepada Prosulut.com, Jumat (17/05/2024).

Selain itu tambah Lexie, simulasi untuk memberikan informasi kepada siswa yang mengikuti ONS mengenai tata cara menjawab pertanyaan serta memastikan jawaban terkirim dengan lancar.

Lebih jauh Lexie menjelaskan, selain uji coba pihaknya bersama sekolah akan melakukan pendaftarkan kembali peserta OSN, yang mungkin datanya tak lagi akurat atau sesuai dengan yang terangkum dalam ANBK tahun ini.

“Satuan pendidikan juga ditugaskan melakukan pendataan kembali tim teknis/proktor jika terjadi perubahan. Itu sebabnya diperlukan adanya perhatian ekstra dari sekolah – sekolah yang siswanya menjadi peserta OSN tingkat kabupaten/kota,” imbuh Lexie. (jeting)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *