Diikuti 65 Siswa Kelas VI, Kadis Dikbud Pantau US di SD Inpres 03 Paniki Bawah

MANADO,PROSULUT.Com  – Pelaksanaan ujian sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) se Kota Manado telah dimulai Senin 12 Mei 2023 dengan mengikuti regulasi yang telah ditetapkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado Steven Tumiwa, M.Pd memantau langsung di lapangan guna memastikan pelaksanjaan ujian sekolah berlangsung dengan baik.

Didampingi Kabid Pembinaan SD Triana Almas serta sejumlah staf, Tumiwa keliling satuan pendidikan. Terpantau Kadis Tumiwa memantau di SD Inpres 03 Paniki Bawah, yang dipimpin Kepala Sekolah Massje Reny  Watania.

Tumiwa mengapresiasi SD Inprs 03 yang telah melaksanakan ujian sekolah dengan baik sehingga diharapkan selama pelaksanaan tidak ada kendala yang berarti.

Pantauan tim Aliansi Pers Pendidikan Manado  (APPM) Senin 8 Mei 2023, pelaksanaan ujian sekolah di SD Inpres 03 Manado berjalan sukses. Dua guru nampak mengawas di masing masing kelas,  dan suasana begitu  tenang, apalagi siswa krlas 1 hingga 5 belajar di rumah agar mereka tidak mengganggu pelaksanaan ujian sekolah.

Kepsek Massje Wantania mengatakan, ada 65 siswa kelas 6 yang mengikuti ujian sekolah,  masing masing 48 pria dan 27 peserta wanita. “Semua hadir hari ini, tidak ada yang absen,” ujar Watania meyakinkan.

Untuk soal ujian, katanya  disusun sendiri oleh pihak sekolah dengan mengambil standar ujian nasional. Sementara penentuan kelulusan siswa juga diberikan kewenangan kepada pihak sekolah, sesuai dengan implementasi kurikulum meredeka belajar yang menghapus ujian nasional.

“Meskipun hanya ujian sekolah tetapi mutu lulusan menjadi prioritas. Jadi kalau tidak lulus ya tetap tidak lulus,” tukas Watania.

Dikatakan, untuk menentukan kelulusan siswa ada tiga hal pokok yang menjadi penilaian, yaitu soal pengetahuan, sikap dan karakter siswa serta ketrampilan. “Kalau itu sudah memenuhi syarat pasti lulus,” ungkapnya.

SD Inprs 03 Paniki Bawah terus mengalami kemajuan sejak dipimpin Massje Watania. Penataan lingkungan sekolah serta penataan ruang kelas nampak menjadi perhatian khusus kepala sekolah.

 Baik pagar maupun gedung /tembok sekolah telah duicat dengan kombinasi warna cerah sehinga kelihatan rapih dan indah dan anak didik pun menjadi nyaman untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar.

‘Tugas kami membangun sekolah guna menciptakan generasi anak bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang pinter dan berkarakter baik,” pungkas Massje. (meldi s)  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *