DIKBUD Manado Belum Punya Data Lengkap. US SMPN 2 Manado Diikuti 306 Siswa

DIKBUD Manado Belum Punya Data Lengkap. US SMPN 2 Manado Diikuti 306 Siswa

MANADO,PROSULUT.Com – Meski Ujian Sekolah (US) tingkat SMP baik swasta maupun negeri sudah dimulai, (Hari ini 11/4/2023 red) namun DISDIKBUD Kota Manado belum punya data  lengkap tentang jumlah peserta ujian.

Dikota Manado tercatat ada 95 SMP yang terbagi dalam 18 SMP Negeri  dan 77 SMP swasta atau yayasan. Untuk SMPN 16, 17 dan 18 belum mempunyai kelas ujian karena baru saja disahkan pada tahun 2022 (untuk SMPN 16) sedang SMPN 17 dan 18 baru disahkan pada 2023 ini.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Steven Tumiwa, M.Pd melalui kepala Bidang SMP Grace Sondakh yang disampaiklan Kasikur Lenda L menjelaskan,  dari 95 SMP yang ada di Kota Manado baru tercatat 4000 an siswa yang terdata, yang lain sementara masuk.

“Meski belum tercatat  semua, namun  di hari pertama ujian sekolah, SMP baik negeri maupun swasta,  semua berjalan lancar, sebutnya kepada PROSULUT.Com Selasa 11/4/2023.

Sementara  Kepala SMP Negeri 02 Manado, Meitha Wongkar, menjelaskan, Ujian Sekolah (US)  berjalan dengan lancar dan diikuti 306 siswa.

Dikatakan, pihaknya mengunakan 16 ruangan belajar, satu ruangan diisi sebanyak 20 peserta ujian. US diawali dengan  Mapel Matematika dengan durasi 2 jam sedangkan jam kedua PPKN yang memakan waktu 90 menit.

“Ketentuan memang seperti itu, jadi kami mengacu pada aturan dan setiap ruangan diawasi oleh pengawas,” sebut Meitha.

Soal pengawas tidak ada dari luar, semua internal. “Ada pengawas ujian dan ada panitia ujian,” pungkasnya.

Pantauan media ini, nampak Kespek Meita Wongkar melakukan pemantauan di masing masing ruangan guna memastikan semuanya berjalan lancar.

Sementara itu untuk ujian di SMPN 6 Manado dipantau langsung oleh Kadis Pendidikan dan Kebudayan Kota Manado.

Kepsek SPMN 6 Manado Sherly Mahda tidak pernah betah di ruangan, ia terus memantau setiap ruangan termasuk sudut sudut lingkungan sekolah sambil memberikan instruksi kepada para tenaga guru untuk menjalankan tugas dengan baik.

 “Semua berjalan lancar, pak Kadis Steven Tumiwa sempat memantau langsung” kata Sherly Mahda.

Hal yang sama juga dilaksanakan SMPN 7 Manado dibawah pimpinan Syeni Waworuntu. “Ada 312 siswa kelas 9 yang ikut ujian akhir, dimulai Selasa dan akah berakhir pekan depan,” ungkap Waworuntu. (Jet/mel)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *