Fokus Simulasi SDN 02 dan 09 Siap Ikut ANBK

Kepsek SDN 02 Jooke Lendo dan Kepsek SDN 09 Evie Mandey.

Fokus Simulasi, SDN 02 dan SDN 09 Siap Ikut ANBK

PROSULUT.COM, MANADO – Menjelang Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Sekolah Dasar (SD) Negeri 09 Manado terus berbenah dengan melakukan serangkaian simulasi kepada siswa Kelas V, sebagai perwakilan peserta.

Kepala SDN 09 Manado, Evie Mandey, saat disambangi Prosulut.com, mengatakan, simulasi dilakukan untuk membiasakan peserta didik agar tidak bingung saat menjawab setiap pertanyaan.

Apalagi kata dia, tidak semua siswa memiliki perangkat laptop atau komputer. Sebagai solusinya sekolah pun melakukan simulasi secara berulang – ulang untuk membiasakan siswa mengoperasikan perangkat laptop atau komputer secara benar dan tepat.

“Dengan simulasi anak didik sudah terlatih untuk mendapatkan gambaran tentang jawaban. Itulah gunanya simulasi mengingat tidak semua siswa paham dengan komputer atau laptop,” ujar Evie di ruang kerjanya, Senin (18/09/2023).

Menyinggung jumlah peserta ANBK dan dijadwalkan digelar Oktober mendatang, Evie mengatakan berjumlah 43 siswa yang dibagi dalam dua sesi. Selain itu kata Evie, ada juga SD Katolik 16 Manado yang menyatakan ikut bergabung. 

“Meski waktu pelaksanaannya pada bulan Oktober, saya mengimbau setiap siswa tetap menjaga kesehatan dan terus berlatih sehingga dapat menjawab setiap pertanyaan dengan baik dan benar,” imbau Evie.

Pernyataan yang sama juga disampaikan Kepala SD Negeri 02 Manado, Jooke Lendo MSi. Menurut Jooke, pihaknya terus melakukan pelatihan atau simulasi dengan tujuan membiasakan peserta didik mengoperasikan komputer atau laptop.

“Selain itu para siswa dilatih untuk menjawab setiap pertanyaan dengan baik dan benar. Masalahnya, siswa lebih terbiasa dengan pertanyaan yang disampaikan guru secara manual. Itu sebabnya perlu ada simulasi mengingat pertanyaan – pertanyaan dilakukan secara online dengan waktu yang telah ditentukan,” ujar Jooke.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *