Gunung Ruang Erupsi, BPMP Sulut Dirikan Posko Peduli Bencana

PROSULUT.COM, MANADO – Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Utara (Sulut) memastikan mendirikan pos komando (Posko) peduli bencana sebagai imbas dari erupsinya Gunung Ruang di Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Selasa (16/04/2024).
Pada aksi kemanusiaan itu, BPMP Sulut akan memfasilitasi pengungsi berupa lokasi penampungan dengan kapasitas 100 orang, di dua wisma milik institusi tersebut di Desa Pineleng, Kabupaten Minahasa.
Kepala BPMP Sulut Febry H J Dien ST M Inf Tech (Man), melalui pesan WhatsApp-nya, menjelaskan, pihaknya telah menyampaikan rencana itu kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Sulut, dimana lokasi penampungan akan difungsikan pada Jumat (19/04/2024) atau setibanya rombongan pengungsi di Manado.
“Sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi (Kemdikbudristek) di daerah, BPMP Provinsi Sulut merupakan perpanjanganan tangan Kemdikbudristek di daerah, semisal dalam menangani hal-hal khusus tanggap darurat,” tulis Febry.
Selain itu kata Febry, pihaknya telah membentuk tim dan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten (Pemkab) setempat melalui dinas pendidikan daerah (Disdikda).
“Untuk langkah awal, BPMP Sulut akan melakukan beberapa upaya, seperti pemulihan pembelajaran bagi satuan pendidikan yang terdampak bencana, penyaluran sembilan bahan pokok (Sembako) dan beberapa bantuan lainnya,” kata Febry. (jeffry tulandi/indra ngadiman)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *