Jadikan Olahraga Program Ungulan, SMPN 16 Bakal Dilengkapi Sport Holl

MANADO,PROSULUT.Com – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Manado nantinya akan menjadi sekolah unggulan di Sulawesi Utara. Ia akan bersaing dengan sekolah swasta terkenal seperti Donbosco, Eben Heazer dan sekolah favorit lainnya.

“Kami akan menjadikan SMPN 16 Manado terdepan di Ibukota Propinsi Sulawesi Utara. Ibukota harus memiliki SMPN yang dapat dibanggakan,” kata Kespek SMPN 16 Manado, Dolfie Singal kepada Prosulut.com Kamis 27/10. 2022.

Meskipun baru lahir 11 April 2022, SMPN 16 mulai menampakkan kemajuan yang signifikan. Nampak dari jumlah murid yang mencapai 100 an lebih, dan diperkirakan beberapa tahun kedepan akan tembus 300an murid.

“Kami punya mimpi untuk memajukan SMPN 16 menjadi yang terbaik di Sulawesi Utara. Pak Walikota Andrei Angouw dan Wawali Richard Sualang sangat mendukung visi misi SMPN 16,” kata Kepsek energik ini meyakinkan.

Wakepsek SMPN 8 Manado ini memaparkan, keberadaan SMPN 16 yang terletak di Kelurahan Singkil Dua, diapit oleh sejumlah SMP Negeri dan Swasta. “Seperti  SMPN 11 Manado, SMPN 5, SMPN 3,  SMP swasta Agape dan  SMP Nasional, namun kami optimis bisa menjadi yang terbaik kedepan,” tegas Singal.

Lebih jauh Dolfie Singal mengatakan, saat ini pihaknya menggunakan gedung bekas Dinas Perhubungan Kota Manado. Banyak hal yang harus dibenahi, meskipun belum ada dana yang turun.

“Selama ini pembenahan lingkungan sekolah hingga biaya operasional masing ditanggulangi sendiri. Soalnya dana akan dikucurkan akhir tahun 2022,” tukasnya.

Guna menjadikan SMPN 16 unggul di Sulut, Singal mengatakan pihaknya sudah mengusulkan kepada Pemkot untuk membangun Sport Holl yang dilengkapi dengan fasilitas olahraga yang memadai.

Mulai dari lapangan basket, lapangan bulutangkis, bola volley bahkan kalau perlu ada ring Tinju guna memcari bibit-bibit unggul. “Kami juga bermimpi untuk membuat kolah renang karena selama ini orang-orang susah atau ekonomi menegah kebawah tidak bisa menyewa kolam renang di hotel. Kenapa tidak SMPN 16 akan membuat kolam renang,” ujar Singal dengan nada serius.

Dikatakan, mulai Januari 2023 Pemkot akan mengucurkan dana Rp 10 miliar untuk pembuatan sport Holl. “Kami sudah mengajukan kepada Pak Walikota dan Wawali. Mereka sangat mendukung menjadikan SMPN 16 kebanggan di Bumi Nyiur Melambai . Makanya saingan kami bukan SMP Negeri, tetapi  berkompetisi dengan sekolah swasta yang sudah maju,” ungkapnya optimis.

Menurut Singal, tenaga guru SMP Negeri masih lebih baik dibandingkan yang ada di swasta. Buktinya guru-guru berprestasi/teladan selalu dari SMP Negeri. “Murid-murid sekolah swasta nampak lebih pintar karena orang tua mereka mampu untuk membayar les tambahan. Mereka banyak ikut les privat,” tambahnya. (meldi sahensolar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *