Juliana Kembangkan Kopetensi Guru dengan Dedikasi

Juliana Poluan S.Pd Kepsek SD Negeri 116 Manado.

Juliana Kembangkan Kompetensi Guru dengan Dedikasi

PROSULUT.COM, MANADO – Mencermati arahan kepala dinas (Kadis) pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Manado terkait pengembangan kompetensi di kalangan satuan pendidikan, mulai ditindaklanjuti beberapa kepala sekolah.

Salah satunya oleh Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 116 Manado, Juliana Poluan SPd, dengan melakukan dedikasi dalam bentuk tenaga dan pikiran kepada seluruh guru mata pelajaran dan guru kelas.

“Sebelum melakukan supervisi ke kelas – kelas, saya terlebih dulu mengajak guru untuk berdiskusi. Cara ini saya lakukan agar guru benar – benar paham dengan proses pembelajaran yang akan mereka (guru-red) lakukan,” ujar Juliana kepada Prosulut.com, Rabu (15/11/2023).

Juliana menjelaskan, langkah itu dilakukannya agar guru – guru mata pelajaran tidak tertinggal dengan metode pembelajaran berdasarkan kalender pendidikan.

Dia juga mengakui kalau sekolah yang dipimpinnya itu masih ditemukan adanya guru mata pelajaran yang belum melaksanakan metode pembelajaran yang dikeluarkan kementerian pendidikan, kebudayaan riset dan teknologi (Kemendikbudristek).

“Kalau kejadian ini dibiarkan, para guru akan terlena dengan apa yang mereka lakukan. Itu sebabnya perlu dilakukan transformasi atau perubahan, sehingga proses pembelajaran benar – benar tepat sasaran,” katanya.

Lebih jauh dikatakan, jika transformasi pembelajaran tidak segera dilakukan dapat berimbas kepada siswa. Selain memengaruhi mengembangkan daya kreativitas, siswa juga akan kesulitan mengekspresikan pikiran – pikiran dan melahirkan berbagai gagasan.

 “Intinya yang kita lakukan adalah pendekatan dengan memperhatikan karakter guru. Tindakan ini dilakukan agar guru saat mengajar dapat melakukannya dengan baik. Sebaliknya para siswa dapat memahami dengan baik pelajaran yang disampaikan guru,” kata Juliana. (jeting)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *