Kepsek SDN 53 Manado Jemie Kamuh, Tingkatkan Kompetensi Guru Melalui IHT

MANADO,PROSULUT.Com – Kepala SD Negeri 53 Manado, Jemie Kamuh menjelaskan, guru wajib memiliki kompetensi. Kompetensi tersebut harus selalu ditingkatkan sesuai perkembangan di dunia Pendidikan lewat IHT.

“In-House Training (IHT)  akan dilaksana selama sehari  di ruang kelas yang sudah kami siapkan,” sebut Kamuh di ruang kerjanya Senin, 19 Juni 2023.

Dijelaskan, pemateri akan kami libatkan beberapa guru SDN 53, kepala sekolah, serta Pengawas dan kasikur.

“Ada beberapa staf pengajar yang akan bawa materi pada IHT tersebut, mereka memang sudah layak dan sudah sesuai dengan kopetensi,” jelasnya.

Dikatakan, IHT bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan optimalisasi peran guru, agar dapat menyajikan materi pelajaran di tahun 2023/2024 dengan baik.

“Menumbuhkan komitmen profesional guru dalam meningkatkan penguasaan materi pembelajaran tahun 2023/2024 dan penyusunan RPP, Meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan ketrampilan dalam pengelolaan pembelajaran dan menyajikan materi pelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekolah,” jelasnya.

Ditambahkannya, dapat mengaplikasikan hasil kegiatan kepada peserta didik dengan harapan dapat bermuara pada peningkatan mutu pendidikan.

Menurut Kamuh, konsep utama dalam Kurikulum Merdeka ini adalah melakukan pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, sehingga kompetensi siswa akan berkembang. Selain itu, Kurikulum Merdeka memiliki konsep (1) sederhana, mudah dipahami, dan diimplementasikan, (2) fokus pada kompetensi dan karakter siswa, (3) fleksibilitas.

“Kurikulum Merdeka ini, sekolah juga diberi kebebasan dalam menentukan kurikulum operasional satuan pendidikan yang kontekstual, agar pembelajaran yang diterapkan sesuai dengan kebutuhan belajar siswa,” beber Kamuh.(JET)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *