KPU Sulut Gelar Simulasi Penyerahan Dukungan Minimal Pemilih Bakal Calon Dewan Perwakilan Daerah

KomisionerKPU Sulut Salman Saelangi.

MANADO,PROSULUT.Com – Komisi Pemilihan Umum Sulawesi Utara menggelar simulasi penyerahan dukungan minimal pemilih bakal calon anggota Desen Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Sulut Kamis 15 Desember 2022.

Simulasi berlangsung di Aula KPU Sulut, dipimpin Ketuia Devisi Teknis Penyelenggaraan Salman Saelangi  dan diikuti oleh para utusan atau penghubung/LO masing-masing kandidat bakal calon anggota DPD Dapil Sulut.

“Sampai sekarang ini sudah ada 8 bakal calon yang berkomunikasi dengan KPU. Sementara penyerahan dukungan akan dimulai 18 hingga 29 Desember 2022,” katanya.

Salman mengatakan, untuk tanggal 18 hingga 28, jam penyerahan/pendaftaran antara pukul 08.00 Wita hingga 16.00 wita. Sementara untuk tanggal 29 Desember sebagai batas akhir penyerahan dukungan minimal pemilih, akan dibuka jam 08.00 wita hingga pukul 23.59 menit.

Pantauan Prosulut.Com, bakal calon anggota DPD Dapil Sulut akan diikuti juga oleh empat petahana masing-masing Jafar Alkatiri, Steva Liow, Maya Rumantir dan Cheris.  Sementara ada pendatang baru yang ikut hadir dalam simulasi yaitu Abid Takalaminang.

“Untk sementara baru 8 bakal calon yang mengkomunikasikan dengan KPU Sulut. Entah kedapan ada berapa banyakl yang akan mendaftar dan memebrikan dukungan minimal pemilih,” kata Salman.

Simulasi yang dilakukan juga dulanjutkan dengan technical meeting tentang pelaksanaan penyerahan dukungan nanti. Misalnya soal melibatkan pendukung saat mendaftar, terjadi kesepakatan antara para LO dan KPU bahwa cukup 5 orang yang masuk  di ruang pedaftaran sementara 8 orang lainnya dari masing-masing kandidat berada di ruang transit.

“Jika bakal calon membawa masa pendukung, cukup  berada di halaman KPU. “Biasanya akan padat pada masa ijur time,” ujar Salman lagi.

Selain itu, pendukung yang ikut kandidat dilarang membawa minuman keras, senjata tajam dan melakukan konvoi di jalan raya untuk menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat. (meldi sahensolar)    

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *