Lexie Sambut Positif Rencana PAK Dimasukan di Setiap Mapel

Lexie Sambut Positif Rencana PAK Dimasukkan di Setiap Mata Pelajaran
PROSULUT.COM, MANADO – Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) Kota Manado, Lexie Polohoen SPd, menyambut positif rencana pemerintah kota (Pemkot) Manado, memasukkan Pendidikan Anti Korupsi (PAK) di setiap mata pelajaran sekolah.
Lexie mengatakan rencana tersebut merupakan langkah maju bagi kemajuan pendidikan anak dalam meredam terjadinya tindakan korupsi secara umum saat para siswa dewasa nanti.
Disebutkannya, pendidikan anti korupsi yang dimaksud Pemkot Manado bukan semata – mata pada terjadinya penyalagunaan keuangan, tapi difokuskan bagaimana membentuk karakter siswa menjadi lebih baik.
“Contohnya, siswa yang datang terlambat atau tidak memanfaatkan waktu dengan baik dan maksimal, itu juga masuk dalam kategori korupsi waktu. Contoh kejadian seperti inilah yang akan saya dan guru – guru terapkan kepada para siswa,” kata Lexie, kepada Prosulut.com, Selasa (16/04/2024).
Selain itu tambah Lexie, siswa juga akan diajarkan untuk jujur menggunakan atau mengelola uang dalam jumlah kecil. Dengan begitu imbuh dia, siswa akan terbiasa untuk tidak menggunakan uang yang bukan miliknya.
“Sekali pun uang itu milik orang tuanya, mereka (siswa-red) tidak semena – mena menggunakan tanpa izin. Contohnya, siswa di suruh orang tuanya membeli sesuatu ke warung dan uang yang diberikan ada sisanya, dibelikan sesuatu tanpa diketahui orang tuanya. Hal kecil seperti ini tidak mungkin terjadi jika ada komunikasi antara orang tua dan anak,” jelas Kepala Sekolah Dasar (SD) Katolik 17 Santo Tarsisius Manado.
Di sisi lain, Lexie juga menyentil soal Bahasa Inggris yang rencananya menjadi mata pelajaran wajib di setiap sekolah. Untuk memaksimalkan rencana itu, Lexie memastikan merekrut tenaga pengajar berbekal ijazah yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi dimana legalitasnya diakui pemerintah.
“Dengan merekrut tenaga pengajar seperti itu, mata pelajaran Bahasa Inggris yang diajarkan kepada siswa benar – benar sesuai, baik untuk ejaannya maupun pengkalimatannya,” ujar Lexie. (jeting)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *