Mengedepankan 6 Fondasi Dasar PAUD Jenjang SD, Rosang: MPLS Diikuti 35 Siswa

Kepsek SD GMIM 20 El Manibang Manado, Erni Rosang, saat memantau kegiatan MPLS.

MANADO,PROSULUT.Com – Kepala Sekolah SD GMIM 20 El Manibang Manado, Ernni Rosang mengatakan, memasuki hari ke tiga MPLS tahun ajaran 2023/2024, pihaknya mengedepankan pada enam  fondasi dasar transisi Paud ke SD.

Fondasi dasar tersebut yaitu, Agama dan Budi pekerti, kematangan emosional, ketrampilan sosial, memaknai belajar ketrampilan motorik dan kematangan kognitif.

“Dimasa transisi PAUD menuju SD merupakan bagian dari upaya transformasi pendidikan yaitu melalui lingkungan belajar yang berkualitas dan nyaman bagi peserta didik,” sebut Rosang kepada PROSULUT.Com disela-sela kegiatan MPLS Selasa, 11/7/2023.

Menurut Rosang, transisi PAUD ke jenjang SD, tujuanya  untuk mempermudah proses peran anak  sebagai peserta didik PAUD, menjadi peserta didik SD, untuk  penyesuaian diri  dengan lingkungan belajar yang baru.

Dimasa transisi PAUD ke jenjang SD, peserta didik diharapkan mampu membangun kepercayaan diri sebagai persiapannya untuk memasuki tahapan pendidikan yang lebih tinggi, yakni jenjang Sekolah Dasar.

Dikatakan, tahun ajaran 2023/2024, pihaknya mengoleksi 35, peserta didik baru,” angka ini meningkat dibanding yang lulus pada tahun 2023, hanya 24 siswa. Dan tidak menutup kemungkinan masih ada yang akan datang,” jelasnya.

Memasuki hari ketiga MPLS, siswa tidak lagi didampingi orangtua, berbeda dengan tahun-tahun kemarin, kali ini anak-anak cepat memahami materi yang diberikan.

“Memang hari pertama MPLS, guru-guru memperkenalkan diri kepada siswa, terlebih guru kelas, begitu juga sebaliknya,” kata Rosang.

Ditambahkanya, pendaftaran siswa baru semua sudah sesuai regulasi, baik kelompok umur maupun status,” semua punya KK dan Akte kelahiran,”pungkasnya.(jet)      

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *