Meriahkan HUT RI, Siswa SD Inpres Malalayang II Unjuk Kebolehan Menari Maengket

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota manado, Steven Tumiwa, M.Pd menyerahkan hadiah kepada salasatu siswa dan orangtua murid dalam rangka HUT RI ke 78 di SD Inpres Malalayang II Manado.

Meriahkan HUT RI, Siswa SD Inpres Malalayang II Unjuk Kebolehan Menari Maengket

PROSULUT.COM,MANADO – Memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 78, puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) Inpres Malalayang II, unjuk kebolehan menari Maengket di depan para guru, orang tua serta sesama rekan mereka, Jumat (18/08/2023).

Menariknya, tarian warisan para leluhur Tanah Minahasa itu menampilkan Meyva Kahimpong sebagai kapel (pemimpin tarian-red), hanya memerlukan waktu singkat sebelum tampil depan publik.

Hebatnya lagi para siswa yang tampil mengenakan pakaian khas Minahasa tidak terlihat gugup saat menari, tapi sebaliknya dari wajah mereka terpancar senyum hingga mendapat pujian dan simpati penonton.

Kepala SD Inpres Malalayang II, Deity Ratag MPd, mengatakan kalau Tarian Maengket yang dilatih Marchi S Wongkar, merupakan tampilan perdana. Meski begitu Deity mengaku bangga karena seluruh anak didiknya bisa membawakan tarian tersebut secara maksimal.

“Tidak menutup kemungkinan ke depan tim Tarian Maengket SD Inpres Malalayang II, akan mengikuti seleksi atau perlombaan. Yang penting adalah latihan serius dan percaya diri,” ujar Deity.

Deity menjelaskan, dalam memeriahkan HUT RI ada beberapa lomba yang digelar, diantaranya bintang vokalia, menata ruang kelas dan lomba kelereng. Deity mengatakan kalau lomba – lomba tersebut telah menjadi agenda tetap sekolah untuk setiap tahunnya.

Tapi yang paling menggelikan saat digelarnya lomba yel – yel dengan peserta orang tua siswa. Meski hanya diikuti empat peserta, namun penampilan yang disajikan mampu membuat suasana menjadi semarak.

Khusus untuk penilaian lomba menata ruang, sekolah tidak melibatkan tim penilai interen tapi diambil dari dinas pendidikan dan kebudayaan (Disdikbut) Kota, yaitu koordinator pengawas Ventje Lengkong MPd dan pengawas binaan Kecamatan Malalayang, Naftali Bata’a MPd.

Naftali usai melakukan penilaian mengatakan salut dengan kekompakan yang tercipta antara kepala sekolah, para guru, orang tua, seluruh siswa dan warga sekitar.

“Dalam penilaian bukan siapa yang menjadi pemenang tetapi bagaimana kita mempertahankan misi dan visi sekolah. Saya berharap apa yang dilakukan sekolah tidak hanya sebatas pada HUT RI, tapi dapat terus berkesinambungan meski tidak ada kaitannya dengan hari – hari bersejarah,” kata Naftali mengingatkan.

Sementara Kepala Disdikbud Manado Steven Tumiwa MPd dan kepala, bidang (Kabid) Pembinaan Sekolah Dasar (PSD) Triana Almas Msi, saat tiba di SD Inpres Malalayang II, menyerahkan hadiah kepada pemenang yel – yel dan bintang vokalia yang disiapkan sponsor. (tim)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *