MPLS Tiba, Sumolang: Pelaksanaannya Sesuai Regulasi

Debby Sumolang,Kepsek SDN 12 Manado.

MANADO,PROSULUT.Com- Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah atau MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal sekolah.

MPLS meliputi kegiatan wajib dan pilihan. Kegiatan wajib dan kegiatan pilihan dilakukan sesuai dengan silabus pengenalan lingkungan sekolah sesuai regulasi Permendikbud.

“MPLS dilaksanakan pada ajaran baru, dalam jangka waktu paling lama tiga hari pada minggu pertama  masuk sekolah atau sesuai jam sekolah,” jelas kepsek SDN 12 Manado Debby Sumolang, kepada PROSULUT.Com, diruang kerjanya Jumat, 7/7/2023.

Dikatakan, Sebelum masa pembelajaran, siswa baru diwajibkan untuk  mengenali ekosistem sekolah.

“Tidak hanya berkenalan dengan beragam fasilitas yang ada di sekolah, mengenalkan siswa kepada kakak kelas, guru, ataupun tenaga pendidik lainnya, diajarkan mengenai kegiatan rutin sekolah, atau norma-norma yang berlaku seperti, budaya, serta sistem dan tata tertib yang wajib dipatuhi,” ungkap Sumolang.

Dijelaskan, kegiatan MPLS SDN 12 Manado dimulai Senin, 10 Juli dan akan diikuti semua peserta didik baru.

“Peserta didik baru untuk tahun ajaran 2023/2024 terdapat tiga rombel atau sekitar 90 siswa, yang nantinya akan dipandu oleh kakak kelas yang akan didampingi panitia MPLS,” cetusnya.(jet)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *