Pasal 33 Permendikbud Tahun 2024, Bahasa Inggris Jadi Mapel Wajib Tingkat SD

PROSULUT.COM, MANADO – Dalam upaya untuk terus meningkatkan mutu pendidikan di negeri ini, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, telah mengesahkan keputusan penting terkait pembaruan kurikulum di jenjang SD.

Salah satunya adalah penambahan mata pelajaran tertentu sebagai bagian resmi dari kurikulum SD.

Dilansir dari, Klikpendidikan.id- Diketahui, dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 12 Tahun 2024, terdapat beberapa perubahan signifikan.

Salah satu yang paling mencolok adalah terkait pembaruan kurikulum di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Menurut Pasal 31 Permendikbud, Satuan Pendidikan mulai dari tingkat pendidikan anak usia dini hingga menengah yang belum menerapkan Kurikulum Merdeka akan dapat mengikuti Kurikulum 2013 hingga tahun pelajaran 2025/2026.

Mereka kemudian diwajibkan untuk beralih ke Kurikulum Merdeka paling lambat pada tahun ajaran 2026/2027.

Hal ini menandakan bahwa kurikulum lama akan segera digantikan dengan Kurikulum Merdeka yang akan menjadi standar utama dalam proses pembelajaran.

Tak hanya itu, terdapat kebijakan menarik terkait pembelajaran Bahasa Inggris di tingkat SD.

Pasal 33 Permendikbud No. 12 Tahun 2024 menyatakan bahwa Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran pilihan di SD, madrasah ibtidaiyah, atau sekolah setara lainnya hingga tahun ajaran 2026/2027.

Namun, pada tahun ajaran 2027/2028, Bahasa Inggris akan menjadi mata pelajaran wajib bagi murid-murid mulai pada kelas 3 SD.

Ini artinya, Bahasa Inggris akan menjadi bagian integral dari kurikulum SD, dimulai dari kelas 3, dengan masa transisi hingga tahun ajaran 2027/2028

Dengan adanya perubahan ini, diharapkan akan terjadi peningkatan signifikan dalam kualitas pendidikan dasar di Indonesia, mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi tantangan masa depan dengan lebih baik.

Jadi, bagi para orangtua dan siswa, siapkan diri untuk menyambut perubahan yang positif ini!

Dengan Kurikulum Merdeka dan Bahasa Inggris menjadi mata pelajaran wajib, masa depan cerah bagi pendidikan Indonesia semakin terbentang luas.***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *