Pelaksanaan PAS Ganjil Empat SDN di Kecamatan Wanea

Pelaksanaan PAS Ganjil Empat SDN di Kecamatan Wanea

PROSULUT.COM, MANADO – Penilaian Akhir Semester (PAS) adalah kegiatan yang dilakukan secara rutin setiap satuan pendidikan pada akhir semester ganjil. Kegiatan penilaian tersebut  dilakukan guna mengevaluasi pembelajaran yang dilakukan para siswa selama enam bulan.

Dikota Manado tercatat 216 satuan Pendidikan baik negeri maupun swasta. Negeri tercatat 100 sekolah sedangkan sisanya adalah swasta.

Kegiatan PAS, telah dimulai sejak 11 Desember lalu dan akan berakhir pada Jumat 15 Desember. Peserta didik terlihat cerah ceria begitu juga staf pengajar, mengingat setiap selesai semester pasti ada libur terlebih menjelang Natal dan Tahun Baru.

Ada beberapa sekolah yang terpantau tim APPM, salah satunya SD Negeri 69 Manado, yang dipimpin kepsek Oktavia Pontoh. Meski belum setahun memimpin, namun sukses mengadakan kolaborasi Bersama komite sekolah Bersama orangtua murid sehingga pembuktian ditengah-tengah masyarakat menjadi nyata.

“Ini adalah tugas saya, dan apa yang saya buat semuanya adalah  perpanjangan tangan dari program pemerintah dalam hal ini Bapak Walikota Andrey Angouw dan Wawali dr Richard Sualang, guna melayani masyarakat terlebih mencerdaskan anak bangsa,” sebutnya Rabu 13/12/2023.

Pontoh menjelaskan, PAS,T/A, 2023/2024, pihaknya mengikutkan sebanyak 100 peserta didik, baik kelas kecil maupun kelas besar.

“Pelaksanaanya semua masih manual, jadi kami menggunakan lembaran jawaban,” jelasnya.

“Memasuki hari terakhir, semua terlaksana dengan sukses, tidak ada yang absen baik staf pengajar maupun siswa,” ucapnya.

Sama halnya dengan SD Negeri 96 Manado yang dipimpin Kepsek Steny Ratag, menjelang hari terakhir PAS semua berjalan aman lancar dan terkendali.

“Satu hal yang patut kita syukuri diakhir tahun 2023, SDN 96 sudah mulai dikerjakan pembuatan paving dihalaman sekolah. Hal ini tentunya tak luput dari perhatian pemerintah demi mensejahterakan masyarakat, terlebih anak didik,” jelasnya.  

Begitu juga dengan SD Negeri 42 Manado, yang dipimpin kepsek Masje Liow. Menurutnya kegiatan PAS diikuti 92 siswa tanpa ada kendala, dan syukur tahun ini ada 50 anak didik mendapat PIP.

SD Negeri 39 Manado yang dipimpin kepsek Anatje Lahopang juga menyatakan, kalau dalam pelaksanaan PAS, pihaknya mengikutkan 60an siswa,”siswa kami memang hanya sedikit, dan syukur sampai jelang hari terakhir semuanya hadir dan lancar, aman terkendali,” pungkasnya.(jet)  

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *