Pelantikan dan Pembekalan Panwas Desa (PKD) di Kecamatan Remboken Suda Sesuai Regulasi

Foto bersama Pelantikan PKD Kecamatan Remboken.

MINAHAS,PROSULUT.Com – Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) di Kabupaten Minahasa untuk Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 telah ditetapkan Bawaslu Kabupaten Minahasa pada hari Sabtu, 04/02/2023.

Untuk Kecamatan Remboken 11 orang telah ditetapkan dan dilantik pada hari Senin 6/2/2023 di Aula GMIM Imanuel Paslaten Remboken sebagai PKD, yaitu 7 orang laki-laki dan 4 orang perempuan untuk 11 Desa yang ada di Remboken, dan Pelantikannya  serentak se- kabupaten Minahasa.

Ketua Panwaslu Kecamatan Remboken, Steven Koagouw kepada Media ini  menyampaikan hal ini di sekretariat Panwaslu Kecamatan Remboken di Desa Leleko. Penetapan dan Pelantikan sudah berdasarkan regulasi dan telah sesuai dengan tahapan Bawaslu RI.

“Selamat untuk PKD yang sudah dilantik. Harapan kami selaku Panwaslu Kecamatan Remboken agar Para Panitia Pengawas Desa yang dilantik agar mampu mengemban dan  bertanggung jawab pada tugas, wewenang dan kewajiban sesuai amanat UU untuk menjalankan tugas pengawasan disemua tahapan Pemilu serentak tahun 2024 nanti,” ucap Koagouw.

“PKD yang terpilih harus komitmen dengan tugasnya nanti dan harus memastikan pemilihan berjalan dengan baik. Kepada yang telah dilantik berusahalah untuk menjadi Pengawas yang Berkualitas dan Berintegtitas dalam mewujudkan Pemilu yang Jujur dan Adil” jelas Ketua Panwascam Remboken.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Minahasa Erwin Sumampouw melakukan monitoring sekaligus memberikan pembekalan materi kepada 11 orang PKD yang dilantik sambil mengigatkan bahwa kinerja PKD nanti harus sesuai dengan Undang-Undang (UU).  Pengawas yang terpilih harus memahami bahwa tanggung jawab ini bukan sekadar pemenuhan formalitas belaka melainkan  tanggung jawab penyelenggara yang mampu mewujudkan Pemilu Langsung, Umum Bebas, Rahasia, Jujur dan adil sebagaimana amanat UU.

” PKD harus memahami mengenai cara dalam Penanganan pelanggaran dan selalu melakukan konsultasi dan koordinasi dengan Panwaslu Kecamatan,” tegas Erwin.

Hadir dalam Kegiatan,  Kapolsek Remboken, Iptu. Elri Salangka, Danramil Kapt. Inf. Sulistyo, Ketua PPK Remboken Steven Langi, Ketua BPMW Remboken, Pdt. Dantje Lukouw, Mth serta Rohaniawan Katolik Ignatius Lontaan, S.Ag, Protestan, Pdt. Jantje Kawengian, Sth.(David)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *