Penjabat Bupati Sangihe Bertindak Sebagai Pembina Upacara Bendera Memperingati Hari Lahirnya Pancasila di Lapangan Gelora Santiago Tahuna

TAHUNA, PROSULUT.Com-Pemerintah Kepulauan Sangihe, memperingati Hari Lahirnya Pancasila yang ke 78 Tahun, kegiatan tersebut di laksanakan di Lapangan Gelora Santiago, Kelurahan Tona II Kecamatan Tahuna, di mulai tepat Pukul 08. 00 sampai selesai. Kamis (01/6/2023).

Penjabat (Pj) Rinny Tamuntuan bertindak sebagai Pembina dalam Upacara tersebut. Sedangkan yang Memimpin Upacara, Athia Kirana Taidi SSTP, Angkatan 15 Tahun 2007.

Dalam Sambutannya, Pj Bupati menyampaikan “Pancasila dan nilai – nilai yang terkandung di dalamnya merupakan Falsafa Dasar Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa dan Sumber segala sumber Hukum Negara. Pancasila merupakan Meja Statis yang menyatukan Keragaman yang ada sekaligus sebagai Bintang Penuntun (Leitstar) Dinamis yang memandu kehidupan Bangsa agar sesuai dengan cita – cita pendirian Negara, mewujudkan Masyarakat Indonesia yang Merdeka, Bersatu Adil dan Makmur.”

Dalam Upacara tersebut di gelar juga Penyerahan Bantuan Pendidikan secara simbolis kepada anak – anak Mahasiswa D3 21 orang dan S1 84 orang.

Untuk di ketahui, sejarah hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni 1945, dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha – Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Soekarno menyampaikan Pidatonya Pertama kali mengemukakan Konsep awal Pancasila yang menjadi Dasar Negara Indonesia.

Turut hadir dalam Upacara tersebut, Unsur Forkopimda, Kadis – Kadis, OPD, ASN, THL insan Pers dan Undangan lainnya. (Anto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *