Puncak HBP Ke-60 Digelar di Rutan Manado, Komitmen Menjawab Berbagai Tantangan


PROSULUT.COM,MANADO-Momen puncak Hari Bhakti Pemasyarakatan (HBP) ke-60 untuk wilayah Kemenkumham Sulut dipusatkan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado, Sabtu, 27 April 2024. Dengan mengusung tema “Pemasyarakatan PASTI Berdampak”, Plh Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara John Batara Manikallo, bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) lewat pelaksanaan upacara yang diawali dengan pembacaan sejarah singkat Sistem Pemasyarakatan oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Aris Munandar. Cuaca cerah yang begitu bersahabat membuat suasana upacara berlangsung khidmad dari awal hingga selesai.
Pada kesempatan ini juga diserahkan penghargaan dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan kepada Lapas Kelas IIB Tondano sebagai UPT Pemasyarakatan Terbaik di Sulawesi Utara. Ditjenpas juga mengapresiasi keberhasilan Daniel Lelewa sehingga mendapat peringkat ketiga petugas Pemasyarakatan berprestasi kategori Gangguan Kamtib berupa penangkapan Narapidana yang melarikan diri. Sementara Kantor Wilayah Kemenkumham Sulawesi Utara memberikan penghargaan kepada Alfred Awoah atas keberhasilannya melakukan evakuasi terhadap WBP dan petugas Lapas Kelas III Tagulandang dalam keadaan sehat dan aman.
Saat membacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM Republik Indonesia, Plh Kakanwil menyampaikan, Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM RI Ke-60 bukanlah kegiatan seremonial semata, tetapi ini adalah bentuk komitmen untuk menjawab berbagai tantangan kedepan. ‘’Tetaplah menjadi insan Pemasyarakatan yang senantiasa berkinerja tinggi, menjaga integritas dan berbudaya anti korupsi, serta menyumbang berbagai prestasi seraya menghindari diri menjadi perilaku kurang terpuji,’’ pesan Menkumham. *

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *