Pustu – Pustu yang Rusak Parah Butuh Perhatian, Begini Kata Kadis Kesehatan

TAHUNA, PROSULUT.Com – Puskesmas Pembantu (Pustu) yang saat ini tidak beroperasi lagi dikarenakan kondisi bangunannya rusak parah. Ccontohnya Pustu Mahena, Pustu Kampung Raku, dan Pustu Kolongan Akengbawi serta Pustu – Pustu rusak berat lainnya yang tersebar di Sangihe ini mendapat perhatian khusus dari Pj Bupati dr Rinny sebagai Pemerintah Kabupaten Kepulauan (Pemkab) Sangihe.
Kepala Dinas Kesehatan dr Handry Pasandaran kepada media ini, jumat (16/6/23) mengatakan, tahun depan 2024, mungkin sudah terealisai.

“Semua Pustu – Pustu yang rusak berat di seluruh wilayah Sangihe termasuk Pustu Mahena, Kolongan Akembawi, Raku dan lainnya sudah diusulkan dalam dana DAK fisik tahun 2024, jadi nanti akan diperbaiki tahun depan,” ujarnya.

Di tanyakan sejauh mana perkembangan Proses Hibah Pustu – Pustu ke Pemerintah Kampung, Pasandaran mengatakan bahwa pihaknya sedang berkonsultasi dengan pihak pengacara negara (Datun Kajari Sangihe) dan badan keuangan serta APIP untuk hal ini. Setelah itu baru bisa melakukan hibah.
“Bila memungkinkan secara regulasi maka akan dihibahkan oleh Pemkab ke pemerintah kampung.” Tukasnya.
Sehingga lewat informasi ini kita semua masyarakat Sangihe, bisa mengerti dengan baik permasalahan Pustu ini. “Kita tunggu saja sampai tahun depan 2024,” pungkasnya. (Anto)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *