Raih Treasury Award 2024, Wagub Steven: Penghargaan ini Merupakan Kerja Keras Semua Pihak

Raih Treasury Award 2024, Wagub Steven: Penghargaan Ini Merupakan Kerja Keras Semua Pihak

PROSULUT.COM, MANADO – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) kembali mendulang sukses setelah menyabet tiga penghargaan sekaligus pada tahun lalu.

Diraihnya ketiga penghargaan itu menambah kepercayaan masyarakat Nyiur Melambai atas kepemimpinan Gubernur Prof Dr (HC) Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven OE Kandouw (OD-SK), yang semakin gemilang.

Treasury Award atau penghargaan tahunan diselenggarakan oleh Kantor Wilayah (Kanwil)) Direktorat jenderal Perbendaharaan  (DJPb Provinsi) Sulut di Gedung Keuangan Negara (GKN) Manado, Selasa (30/01/2024).

Selain itu, kegiatan yang dilangsungkan sederhana namun penuh makna itu dirangkaikan juga dengan Focus Group Discussion (FGD) Kapasitas Fiskal Daerah (KFD).

Adapun tiga penghargaan yang disabet Pemprov Sulut, masing – masing Pengelola Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Terbaik 2023, Peraih Opini Badan Permeriksa Keuangan (BPK) Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) sepuluh kali berturut-turut, serta Mitra Strategis Terkolaboratif (MST) 2023 dalam mendukung pertumbuhan ekonomi.

Kegiatan ini juga digelar dalam rangka mengevaluasi pelaksanaan anggaran khususnya transfer ke daerah 2023, dan mendorong pemerintah daerah (Pemda) agar terus meningkatkan kinerjanya di tahun 2024.

Wakil Gubernur (Wagub) Steven usai menerima penghargaan mengatakan kalau capaian yang berbuah penghargaan merupakan hasil kerja keras dari semua pihak.

Dikatakan Steven, Sampai dengan periode Triwulan III 2023 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi kumulatif Provinsi Sulut mencapai 5,65 persen.

“Pertumbuhan Ekonomi Sulut tumbuh lebih tinggi dibandingkan capaian nasional sebesar 5,05 persen. Begitu juga dengan inflasi yang sepanjang semester II 2023 dapat dikendalikan di bawah angka 3 persen,” kata Wagub Steven.

Begitu juga dengan capaian pada beberapa indikator kesejahteraan Sulut, kata Wagub terus menunjukkan perbaikan, diantaranya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 73,81 pada 2022, menjadi 74,36 di tahun 2023.

“Sama halnya dengan tingkat pengangguran terbuka sejak 2020 lalu, konsisten melanjutkan tren penurunan hingga periode Agustus 2023 menjadi 6,1 persen. Tingkat kemiskinan Sulut juga menjadi yang terendah di wilayah regional pulau Sulawesi,” jelasnya.

Berdasarkan capaian – capaian tersebut, Wagub Steven mengajak seluruh stakeholder atau pemanggu kepentingan tetap memacu kinerja, sehingga prestasi demi prestasi positif dapat terus diraih.

Kecuali itu, Steven juga mengajak masyarakat untuk kerap membantu pemerintah di semua lini, sehingga prestasi dan penghargaan yang diraih dapat terus – menrus dipertahankan.

“Saya mengajak kepada seluruh kepala daerah di Sulut serta seluruh jajaran untuk melakukan evaluasi pelaksanaan anggaran daerah di tahun sebelumnya. Hal ini penting untuk kita jadikan sebagai masukan berharga dalam merumuskan kebijakan-kebijakan yang akan kita implementasikan di tahun 2024,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang yang sama, Wagub Steven mengapresiasi Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulut yang telah berinisiatif menyelenggarakan kegiatan tersebut.

Menurut dia, kegiatan itu sangat positif karena telah memberikan apresiasi kepada Pemda yang memiliki kinerja terbaik dalam pengelolaan keuangan daerah, khususnya pengelolaan dana transfer ke daerah.

Hadir pada kegiatan tersebut, sekretaris daerah provinsi (Sekdaprov) Sulut Steve Kepel dan Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Sulut, Clay Dondokambey. (Advetorial Kominfo Sulut)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *