Siswa Baru Membludak, SDN 48 Manado Kesulitan Meubeler

MANADO, PROSULUT.Com – SDN 48 Manado mengalami lonjakan siswa baru tahun ajaran 2023/2024. Hal ini membuat pihak sekolah kewalahan karena keterbatasan meubeler sebagai sarana penunjang Kegiatan Belajar Mengajar.
Kepala SDN 48 Manado. Meyty M Caroles ketika ditemui di kantornya Jumat mengatakan, jumlah siswa baru membludak menjadi tiga Rombongan Belajar (Rombel). Padahal sebelumnya hanya ditargetkan dua Rombel.
‘”Pendaftar siswa baru mencapai 86 orang, semebtara yang lulus tahun ini hanya 52 siswa kelas 6,” kata Caroles meyakinkan.
Dikatakan, target yang ditetapkan berdasarkan capaian penerimaan siswa baru tahun 2022 lalu dimana pendaftar hanya dua Rombel yang kini sudah duduk di kelas dua.
“Soal ruangan cukup. Hanya saja kami kekurangan meja dan kursi belajar. Kami akan mengadakan meubeler dengan menggunakan Dana Bos tahap dua ” katanya.
Caroles mengatakan, jumlah siswa yang tercatat di SDN 48 Manado mencapai 285 anak didik. Banyak murid pindahan yang baru mendaftar sekitar 20 orang.
Mereka pindahan dari berbagai daerah antara lain pulau Lembe, Tagulandang, Siaun, Darunu, Maumbi dan lain lainnya.
“Kami tidak bisa tolak karena program wajib belajar. Namun syaratnya harus lengkap surat surat oindah agar bisa langsung masuk Dapodik” ujar mantan Kepsek SDN 01 Manado ini lagi.
Terkait MPLS latanya sudah selesai. Bahkan hari terakhir diisi dengan senam Sicita bersama siswa kelas satu hingga kelas 6.
Hari terakhir, guru guru mencoba untuk memahami karakter masing masing siswa agar bisa menemukan potensi untuk dike.bangkan serta memudahkan dalam kegiata KBM.
“Guru kelas satu harus keibuan karena transisi Paud ke SD butuh penanganan khusus,” tambahnya.
Caroles mengingatkan kepada guru guru untum.disiplin soal waktj dan mengajar. Harus mempersiapkan diri drngan baik.
Kepsek bersyukur siswa baru mulai mandiri dan orang tua tidak lagi men dampungi. Orang tua sudah disiapkan ruang tjnggu khusus agar tidak men gangu proses KBM. (Meldi S)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *