Siswa Baru SDN 47 Manado Capai Dua Rombel, Inge: ANBK Masih Bergabung

MANADO, Memasuki tahun ajaran baru 2023/2024, SDN 47 Manado mengoleksi siswa baru sebanyak 47 orang. Jumlah tersebut meningkat dibandingkan dengan siswa yang lulus tahun 2023 sebanyak 41 peserta didik.
Kepala SDN 47 Manado, Inge D Poermedi. STh. MA ketika ditemui di kantornya akhir pekan lalu mengatakan, siswa baru mencapai dua Rombel, belum termasuk siswa pindahan sebanyak 20 anak didik baik dari dalam maupun luar daerah seperti Ternate dan Manado.
“Kebanyakan mereka mengikuti orang tua yang pindah pekerjaan dan lain lainnya,” kata Inge lagi.
Lebih jauh dikatakan, siswa baru telah dibekali selama mengikuti kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)10 hari.
Mereka mendapat pengenalan tentang agama dan budi pekerti, tata tertib sekolah, program sekolah serta visi misi, disiplin selama berada di lingkungan sekolah termasuk dalam kelas. “Kami fokus pada enam dasar transisi PAUD ke SD seperti agama, budi pekerti, ketrampilan sosial, kematangan motorik dan kognitif,” katanya lagi.
Mantan guru SDN 02 Manado ini mengatakan, untuk kegiatan Assesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK), SDN 47 Manado telah mempersiapkan siswa kelas 5. Mereka akan dipilih secara acak oleh pihak Kementrian sebanyak 30 orang ditambah lima peserta cadangan.
Hanya saja, kata Inge, pihaknya masih akan bergabung dengan SDN 48 Manado karena keterbatasan sarana dan prasarana pendukung seperti komputer atau laptop. “Kami pernah mendapat bantuan tiga unit
, namuan dua unit sudah rusak terkena banjir, sdme tara yang dibutuhkan 30 unit,” ungkapnya terus terang.
Dikatakan, pihaknya sudah mengajukan bantuan krpada Kementrian namun hingga kini belum ada. “Seandainya bantauan itu datang secepatnya, maka akan diupayakan pelaksanaan ANBK secara Mandiri,” ujar Inge penuh harap.
Alasan Kepsek Inge bergabung dengan SDN 48 karena faktor kedekatan dengan sekolah tersebut. “Anak anak tidak perlu jauh jauh ke sekolah lain. Tetapi mudah mudahan bantuan datang tepat waktu, sebelum ANBK digelar” jelasnya seraya menambahkan, pada prinsipnya SDN 47 Manado sudah untuk melaksanakan simulasi ANBK” pungkasnya. (MELDI S)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *