SMPN 10 dan SMPN 13 Manado Ikutkan 45 Siswa Sebagai Peserta ANBK

SMP 10 dan 13 Manado Ikutkan 45 Siswa Sebagai Peserta ANBK

PROSULUT.COM, MANADO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 dan 13 Kota Manado memastikan siswanya Kelas VIII mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), yang digelar Senin (18/09/2023) hingga (19/09/2023).

Keikutsertaan puluhan siswa itu dilaksanakan serentak di sekolah masing – masing yang dibagi dalam tiga sesi. Dijadwalkan pelaksanaan ANBK berlangsung sejak pagi hingga sore, dengan waktu akumulasi sekitar delapan jam.

Kepala SMP 13 Theodora Louisa Uway mengatakan, untuk pelaksanaan ANBK pihaknya mengikutsertakan 45 siswa. Dikatakan, selama ANBK berlangsung peserta didik akan didampingi proktor, teknisi, operator serta pengawas.

“Kami memastikan setiap siswa yang mengikuti ANBK sangat siap. Tidak hanya pelaksanaan ANBK, sekolah juga terus menggenjot para siswa untuk selalu siap mengikuti setiap tahapan program pendidikan, baik nasional maupun lokal,” jelas Theodora kepada Prosulut.com, Jumat (15/09/2023).

Sedangkan menyangkut teknis pelaksanaan, kepala sekolah dan guru – guru yang terlibat langsung dengan pelaksanaan ANBK, terus berkoordinasi dengan proktor, teknisi dan operator.

“Tujuannya agar selama pelaksanaan ANBK semuanya dapat berjalan lancar. Itu sebabnya perlu ada pendampingan dari petugas yang memahami untuk menangani aspek teknis, termasuk memastikan sarana komputer beserta jaringannya dalam kondisi baik,” ujar Theodora.

Sementara Kepala SMPN 10 Venny M Mononimbar lebih menyentil ke hal – hal non teknis, seperti kesiapan sekolah menjelang pelaksanaan ASBK. Dijelaskan Venny, pihaknya telah melakukan beberapa kegiatan bersama guru – guru dan sejumlah siswa, diantaranya menata ruangan yang dijadikan pelaksanaan ANBK.

“Saya juga telah memastikan komputer dan jaringannya dalam kondisi baik. Saya telah berkoordinasi dengan proktor, teknisi dan operator sekolah dan mendapatkan jawaban kalau semua perangkat teknis dalam kondisi siap pakai,” kata Venny.

Venny juga menjelaskan, untuk materi ANBK, terdiri dari empat babak masing – masing persiapan tes, numerasi dan literasi, penjelasan survei . Sedangkan kepada setiap siswa , Venny mengimbau dapat menjaga kesehatan serta mental.

“Saya berharap orang tua untuk mengawasi anak – anak mereka, agar pada pelaksanaan ASBK tidak ada peserta yang absen,” imbau Venny.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *