Steven: ANBK Mengukur Mutu Satuan Pendidikan

MANADO,PROSULUT.Com – Asesesment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) sebensanya bukan untuk mengukur kemampuan siswa secara individu, tetapi kualitas/mutu dari satuan pendidikan.

“Makanya jika  pelaksanaan ANBK itu berjalan baik dan maksimal maka akan mengangkat kualitas pendidikan sekolah tersebut yang pada akhirnya juga mendongkrak mutu pendidikan di Kota Manado.” Kata Sekertaris Dinas Pendidikan Kota,  Steven Tumiwa.

Hal itu dikemukakan Tumiwa ketika memantau pelaksanaan UNBK di SDN 12 Kecamatan Tuminting Manado, didampingi Kabid Pembina SD Triana Almas, Pengawas SD Kec. Tuminting  Ventje Lengkong, Rabu, 26/10 2022.

Tumiwa mengapresiasi pelaksanaan ANBK di SDN 12 Manado yang berjalan lancar dan tidak ada gangguan yang berarti. “Itu semua berkat kesiapan Kepsek SDN 12 Manado Meyti Pirir yang bisa mengantisipasi dengan baik. Persiapannya cukup matang,” kata Steven lagi.

Mantan Kesekp SMPN 1 dan SMPN 2 Manado ini mengatakan, pemantauan yang dilakukan bukan sekedar memantau, tetapi memastikan bahwa pelaksanaan ANBK berjalan baik dan maksimal. Bahkan pihak media masa juga harus menjadi pilar untuk mengontorol pelaksanaan ANBK di semua sekolah sehingga bisa memberikan masukan-masukan yang porsitif.

Menurut Steven, ANBK ini akan memotret kemampuan satuan pendidikan baik literasi maupun rumerasi, sehingga pihak Kementrian bisa membaca lewat basis data yang ada. “Jika ANBK kurang baik maka akan mendapat rapor merah, makanya pelaksanaannya harus sukses,” ujar Steven meyakinkan.

Hasil ANBK ini akan menjadi basis data baik oleh Kementrian maupun Pemerintah Kota melalui Dinas Pendidikan untuk menyusus program ke depan tentang peningkatan kualitas pendidikan. “Jika tidak ada data yang jelas, sulit untuk menyusun progress kedepan,” katanya lagi.

 Lebih jauh dijelaskan, pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan program evaluasi di seluruh satuan pendidikan bernama Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Penilaian mutu instansi pendidikan ini dinilai mendasar dari hasil belajar murid, seperti literasi, numerasi, karakter, kualitas proses belajar mengajar. Itu juga termasuk satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran.

Instrumen penilaian ANBK

Mutu setiap satuan pendidikan, instrumen penilaian dari ANBK terdiri atas tiga instrumen, yaitu:

1. Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan matematika (numerasi) murid.

Tujuan diadakan Asesmen Kompetensi Minimum untuk mengukur penilaian kompetensi mendasar yang diperlukan semua murid. Itu untuk mampu mengembangkan kapasitas diri dan berpartisipasi positif dalam masyarakat.

2. Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.

Penyelenggaraan survei ini ditujukan untuk mengukur perkembangan karakter peserta didik sebagai salah satu pencapaian pembelajaran. Pengembangan Survei Karakter mengacu Profil Pelajar Pancasila. Namun, pengembangan Survei Karakter Siswa kali ini belum mengikutsertakan akhlak beragama dan  pribadi karena beberapa pertimbangan.

3. Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun tingkat satuan pendidikan. (meldi Sahensolar)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *