Tim Monev KPK Sembagi Unsrat, Rektor Sebut Ada Pegawai Dipecat Karena Jadi Calo Penerimaan Mahasiswa Baru

Tim Monev KPK Sambangi Unsrat, Rektor Sebut Ada Pegawai

 Dipecat Karena Jadi Calo Penerimaan Mahasiswa Baru.

MANADO, PROSULUT.com – Penerimaan mahasiswa baru Unsrat bakal dipantau langsung oleh Tim Monev  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bersama Inspektorat Kemdikbudristek.

Buktinya, Tim KPK dan Kemendikbudristek melakukan pertemuan dengan pimpinan Unsrat, Senin (13/03/2023) di ruang Rapat Rektor Unsrat mulai pukul 08.00 Wita.

Bertindak selaku Koordinator Tim KPK Ibu Syahdu Winda. Sedangkan dari Inspektorat Kemdikbudristek Bapak Ridwan.

Sedangkan pimpinan Unsrat terdiri dari Rektor Unsrat Prof. Dr. Ir. Octovian Berty Alexander Sompie, Wakil Rektor 1 dan 2, Kepala-kepala Biro, Dekan Fakultas Kedokteran, Teknik  dan Ekonomi, UPT TIK dan Humas.

Rektor Unsrat Prof. Berty Sompie, dalam kata pengantar pertemuan dengan Tim KPK Bidang Monitoring dan Evaluasi (Monev) dan Tim Inspektorat Kemendikbudristek, mengatakan terima kasih atas kunjungan di Unsrat dan sangat mensuport  tugas monev tersebut.

Tim KPK Bidang Monev dan Tim Inspektorat  fokus melakukan monev terhadap proses penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2022/2023.

Selanjutnya Rektor Unsrat melaporkan kepada Kedua Tim tersebut proses dan penetapan penerimaan mahasiswa beberapa tahun lalu. Diakuinya sekitar tahun 2017 dan 2018 ada 4 orang pegawai Unsrat  dipecat karena kedapatan jadi ‘calo’ penerimaan mahasiswa baru. “Pemecatan tersebut bukti  komitmen unsrat agar penerimaan mahasiswa secara obyektif dan transparan,” ujar Rektor.

Sementara itu Koordinator Tim Monev KPK mengatakan,” Fokus kami sepekan di sini disamping monev penerimaan mahasiswa baru tahun sebelumnya juga meminta masukan perbaikan regulasi penerimaan mahasiswa baru ke depan secara obyektif dan transparan.”

Tim Inspektorat pada pertemuan ini  mengharapkan agar tidak ada lagi “oknum orang dalam” yang coba-coba menjadi ‘calo’.

Selanjutnya pimpinan Unsrat juga berharap pihak masyarakat jangan pernah percaya isu bantuan masuk Unsrat oleh oknum tertentu dan meminta pihak eksternal memaksakan diri masuk mahasiswa Unsrat. Unsrat juga bersyukur atas monev oleh KPK dan Inspektorat  Kemendikbudristek. (Jet)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *