Tumiwa: Kepsek Ujung Tombak Sektor Pendidikan, Ciptakan Budaya Bersih dan Jauhi Kekerasan Seksual

MANADO,PROSULUT.Com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Manado, Steven Tumiwa mengatakan, kepala sekolah adalah ujung tombak pencapaian target Pemerintah Kota Manado di sektor pendidikan terutama peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Target Pemkot Manado akan tercapai jika semua Kepsek yang berada di satuan pendidikan bergerak bersama guru guru. Jika hanya diam di tempat, maka target mustahil tercapai,” tukas Kasos Dikbud Steven Tumiwa ketika menyakasikan penandatanganan kinerja kepala sekolah dalam forum K3S Kecamatan Pall Dua Selasa 21/02-2023.

Pertemuman yang dipimpin langsung Ketua K3S Pal Dua Jemmy Kamuh itu juga dihadiri Korwas Ventje Lengkong, Kabid Pembinaan SD Triana Almas dan jajarannya.

Steven lebih jauh mengatakan, kinerja Kepsek dipacu untuk mencapai target yang ditetapkan.

Dikatakan, penandatanganan perjanjian  kinerja ini sudah sesuai petunjuk pimpinan dalam hal ini walikota dan wakil walikota.

Diawali dengan penandatanganan antara walikota dan kepala dinas, menurun ke Kadis dengan para Kepala Bidang, Kepala Seksi, kemudian turun ke MKKS SMP dan K3S se Kota Manado dan kemudian dengan para Kepsek.

“Nantinya Kepsek tindak lanjuti dengan guru guru,”  kata  Tumiwa.

Sejumlah indikator yang menjadi ukuran kinerja kepala sekolah antara lain menciptakan budaya bersih di lingkungan sekolah, dilarang membuang sampah sembarangan, meningkatkan nilai ANBK  baik literasi dan rumerasi 100 persen, menciptakan lingkungan sekolah bebas narkoba, pembulian dan kekerasan seksual serta indikator lainnya yang tercantum dalam perjanjian kinerja. “Itu nantinya bisa dikembangkan di sekolah masing masing, bahkan lebih diusahakan sekolah terakreditasi B,” ujar Tumiwa.

Kadis berharap kepala sekolah se kecamatan Pall Dua tetap kompak dan semangat, apalagi Kantor Dinas Dikbud ada di Pal Dua. Saya ingin kerja yang profesional,” ungkap Tumiwa. (Meldi S)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *