UAS SMAN 1 Manado Gunakan Clas Wifie, Utamakan Kualitas Lulusan

MANADO,PROSULUT.Com – Sebanyak 563 siswa kelas 9 SMA Negeri 1 Manado menggelar Ujian Akhir Sekolah (UAS) sejak Senin 27 Maret 2023.
Kepala SMAN 1 Manado Jemmy Jeremias ketika ditemui di ruang kerjanya Selasa 28 / 03/2923 mengatakan, ada 32 ruangan yang digunakan untuk ujian, masing masing kelas diisi 20 siswa.peserta.
Dikatakan, semua ruangan dilengkapi dengan komputer menggunakan Sistem Clas Wifie. Dengan demikian soal hanya dikerjaka saat siswa berada di ruangan.
Berbeda dengan sistem google com, soal ujian bisa dikerjakan meski tidak di ruang kelas. Peserta ujian kerja dari rumah jika siswa sudah mendapatkan linknya.
Bahkan wife class mengunakan server sendiri dan google serta wa dikunci agar siswa tidak bisa melakukan browsing.
“Kalau sistem google com siswa bisa browsing. Jadi kami satu satunya SMA di Sulut yang memakai sistem ini,” ungkap Jeremias bersemangat.
Dengan sistem ini, kepala sekolah bahkan guru2 dapat memantau dari komputer yang ada tanpa harus masuk kelas.
Bahkan bisa langsung diketahui peserta mana yang sudah mengerjakan soal dan yang belum. Termasuk prosentase hasil yang dikerjakan siswa. “Kami bisa tau mana yang belum selesai dan mana yang sudah rampung,” ujarnya.
Lebih jauh mantan Kepsek SMK Pertanian Kalasey ini mengatakan, meskipun hanya ujian sekolah tidak seperti sebelumnya ujian nasional, namun SMAN 1 Manado tetap mengedepankan kualitas lulusan.
“Kepercayaan yang diberikan kepada sekolah untuk mengatur sendiri pelaksanaan ujian dan soal ujian, harus dipertangungjawabkan dengan sebaik baiknya,” tegas Jeremias lagi.
Untuk itulah sebelum ujian siswa dipersiapkan dengan baik agar bisa menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkarakter baik sesuai dengan Profil pelajar Pancasila.
“Ujian akan berlangsung hingga 5 April dan pengumuman kelulusan pada bulan Mei 2023,” ungkapnya meyakinka . (Meldi S/Jet)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *