US SD GMIM 20 Manado Berjalan Sukses, Praktek Mulak, Rosang Angkat Budaya Lokal

MANADO, Prosulut.Com – Ujian Sekolah dalam bentuk teori berakhir Jumat 12 Mei 2023 dan akan dilanjutkan dengan ujian praktek mulau 15 hingga 17 Mei 2023.

SD GMIM 20 El Manibang Manado sukses menggelar ujian sekolah teori mulai dari hari Senin 8 Mei hingga 12 Mei 2023. Semua berjalan lancar dan peserta ujian hadir dalam setiap mata pelajaran,” kata Kepsek SD GMIM 20 Manado, Erni Rosang, SPd, Jumat 12 Mei 2023.

Menurutnya,  peserta ujian sekolah SD GMIM 20 mencapai 24 siswa, terdiri dari 11 orang laki laki dan 13 wanita.  Sementara soal ujian disusun secara bersama dengan guru guru dari gugus 4 Kecamatan Malalayang yang terdiri dari enam sekolah.

Lebih jauh Rosang mengatakan, mata pelajaran hari terakhir adalah IPS dan mulai Senin depan dilaksanakan  ujian praktek sejumlah mata pelajaran.

“Untuk SD GMIM 20 Manado,  mata pelajaran MULOK (muatan Lokal) langsung dengan praktek dan itu sudah dilaksanakan,” tukasnya.

Bendahara K3S Malalayang ini lebih jauh mengatakan, praktek Mulok betul betul mengambil materi yang ada di sekitar siswa. Yaitu mengangkat budaya lokal/daerah masing-masing.

Kalau Mulok kan harus berbau lokal bukan asing. Kalau Bahasa Inggris tidak ada karena belum memiliki guru spesialis. “Makanya SD GMIM 20 lebih mengutamakan mengangkat budaya lokal seperti bahasa daerah Minahasa, Gorontalo dan lain lainnya” katanya.

Bahkan lebih dari pada itu, pengembangan kuliner local seperti membuat cucur, onde onde dan lain lainya perlu dikembangkan. Begitu juga dengan tarian dan lagu daerah serta tanaman tanaman local perlu dikembangkan seperti dapur hidup.

“Anak anak diberikan pengenalan tentang budaya daerah dan produk produk local yang ada di sekitar mereka, karena yang namanya penyusunan kurikulum itu harus menyentuh kebutuhan anak didik dan disesuaikan dengan kondisi sekolah,” kata Rosang yang sudah tujuh tahun menjabat sebagai kepala sekolah di SD GMIM 20 El Manibang Manado.

Untuk menentukan kelulusan siswa kelas 6, akan dirapatkan dalam Dewan Guru dengan mempertimbangkan nilai rapor kelas lima dan enam, hasil ujian sekolah, karakter/sikap dan ketrampilan. “Sekolah diberikan kewenangan untuk menentukan kelulusan siswa,” ungkap Rosang sembari melempar senyum khasnya.  (Meldi S)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *