Jemie: E-Kinerja Peluang bagi Guru Kembangkan Kompetensi

Jemie Kamuh, Kepsek SD Negeri 53 Manado.

Jemie: E-Kinerja Peluang bagi Guru Kembangkan Kompetensi

PROSULUT.COM, MANADO – Seiring terus berkembangnya teknologi informasi guru dituntut untuk dapat mengembangkan diri dan karirnya secara mandiri.

 Selain tidak bisa dihindari teknologi informasi juga memiliki peran menyebarluaskan hasil karya seseorang secara cepat dan tepat.

Salah satunya adalah elektronik kinerja atau E-Kinerja yang sudah diterapkan di sektor pendidikan. Sistem tersebut merupakan inovasi karena memberikan peluang serta berdampak positif bagi pendidik untuk meningkatkan kompetensi.

Demikian disampaikan Kepala Sekolah Dasar (SD) Negeri 53 Manado, Jemie Kamuh SPd, menyikapi pentingnya E-Kinerja bagi setiap guru. Menurut Jemie, E-Kinerja melatih guru mengerjakan tugas – tugas tambahan.

Selain itu imbuh Jemie, E-Kinerja juga bertujuan menciptakan rasa tanggung jawab yang lebih besar dalam mencapai tujuan pendidikan. Disebutkannya, sistem E-Kinerja memungkinkan pemantauan kinerja guru secara rinci terhadap partisipasi siswa.

“Kalau sebelumnya kita lebih condong ke administrasi, sekarang ini sudah berubah. Kini penilaian lebih fokus pada kinerja dan dapaT dikonversi menjadi angka kredit. Cara tersebut tujuannya agar menjadi lebih fokus meningkatkan kegiatan belajar – mengajar dan memenuhi kewajiban lainnya,” jelas Jemie, kepada Prosulut.com, Kamis (11/01/2024).

Jemie juga mengingatkan kepada guru – guru tidak takut salah saat menyusun perencanaan kerja melalui sistem E-Kinerja, karena untuk hasilnya akan diperbaiki dan dievaluasi oleh kepala sekolah.

Hanya saja kata dia, untuk perencanaan kerja setiap guru harus fokus sehingga waktu yang disediakan benar- benar dapat dimanfaatkan dengan baik. Dengan begitu peran guru akan semakin berbobot, apalagi waktu yang disediakan cukup panjang, yakni enam bulan atau dua kali dalam setahun.

“Yang juga perlu diketahui, E-Kinerja juga akan mempengaruhi seorang guru untuk naik pangkat. Itu sebabnya guru harus mampu mengembangkan karirnya termasuk memperbanyak waktu berbincang dengan kepala sekolah,” kata Jemie. (jeting)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *